Kemarin saat memeriksa inbox email, aku mendapat email baru dari Yayasan Kelola. Ternyata aku gagal untuk mendapat Hibah Seni 2008 untuk pertunjukan Pawang Ternalem. Padahal aku sangat berharap ajuan dana pertunjukanku itu bisa terealisasi. Yang menjadi masalah, aku harus mencari banyak dukungan lagi untuk memperkuat pembiayaan pertunjukan ini.

Yang membuat aku sedikit kecewa, ternyata salah satu panel seleksi adalah bapak Jabatin Bangun. Namanya masuk dalam salah satu kepanitiaan dalam proposal Pawang Ternalem. Pantas saja naskah ini tidak lolos. Kalau lolos tentu saja akan disangka KKN.

Jakarta, 5 Agustus 2008

Kepada Yth.

Bapak Joey Bangun

Teater Aron

Jl. Swadaya V no. 38

Cempaka Baru Jakarta 10650

T: (021) 323 97909

Hal: Pemberitahuan Hasil Seleksi Hibah Seni 16 – Tahun 2008

Dengan hormat,

Terima kasih atas lamaran yang Bapak/Ibu kirimkan untuk Program Hibah Seni 16 – Tahun 2008. Perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu yang sangat besar artinya bagi perkembangan program ini dalam mendukung kehidupan kesenian di Indonesia.

Proses seleksi untuk lamaran yang kami terima pada periode ini sangat ketat, karena begitu banyak yang mengajukan kegiatan – kegiatan yang berbobot dan menarik, namun dana yang tersedia sangat terbatas. Dalam melakukan seleksi, Tim Seleksi telah mempertimbangkan beberapa aspek penting dan melihat dari berbagai sudut pandang untuk akhirnya merekomendasikan lamaran yang terpilih.

Setelah Tim Seleksi membahas semua lamaran dan materi pendukung yang masuk, dengan sangat menyesal kami menyampaikan bahwa kegiatan yang diajukan oleh Bapak/Ibu belum dapat direkomendasikan untuk menerima Hibah Seni periode ini.

Terkadang pelamar menanyakan tentang evaluasi dan proses pengambilan keputusan Tim Seleksi. Untuk menjamin agar Tim Seleksi bekerja seadil dan seobyektif mungkin sesuai panduan aplikasi dan program, kami tidak menyediakan evaluasi secara tertulis maupun lisan dari lamaran yang diajukan. Seluruh lamaran berikut materi pendukung menjadi milik Kelola dan tidak dikembalikan kepada pelamar.

Hasil seleksi Hibah Seni 16 – Tahun 2008 dapat Bapak/Ibu lihat dalam website kami mulai tanggal 5 Agustus 2008. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas minat Bapak/Ibu pada program Hibah Seni. Semoga Bapak/Ibu dapat berhasil pada kesempatan mendatang.

Hormat kami,

Meuthia Susanti

Harmoni Sampah sebagai Penerima Hibah Seni 16/Tahun 2008

Sampah yang kita tahu sangat menjijikan, bau menyengat dan tidak enak di pandang. Namun Lungsuran Daur Contemporary Inst., Bandung, mengolah “sampah” tersebut menjadi barang yang mengasyikan, asyik untuk dipandang dan didengar. “Sampah” tersebut diolah menjadi barang yang berguna, yakni menjadi sebuah alat musik. Oleh karenanya kami memberi tema Harmoni “Sampah”. Selain Harmoni Sampah, ada lima kelompok lain sebagai penerima Hibah Seni periode 16 Tahun 2008.

Proses Seleksi

Proses seleksi Hibah Seni merupakan keputusan kolektif dari sebuah Tim Seleksi yang terdiri atas orang-orang dari komunitas kesenian yang dinilai memiliki kompentensi dalam bidangnya. Anggota Tim Seleksi selalu berganti tiap periodenya sehingga diharapkan penilaian yang diambil akan selalu dinamis, multi sisi dan tidak stagnan.

Seluruh proposal dikirimkan kepada Tim Seleksi untuk diperiksa dan dinilai oleh masing-masing anggota Panel Seleksi. Pada tanggal8 – 9 Juli 2008 diadakan pertemuan Tim Seleksi, dimana semua hasil pilihan Tim Seleksi dikumpulkan dan direkapitulasi. Pada pertemuan ini semua bahan pendukung audio/visual yang dikirimkan pelamar dilihat bersama untuk menjadi bahan pertimbangan. Dari hasil rekapitulasi penilaian dan setelah menyaksikan semua bahan pendukung dihasilkan nominasi yang kemudian didiskusikan lagi untuk akhirnya menentukan para Penerima Hibah.

Pada seleksi Hibah Seni 16 ini jumlah anggota Tim Seleksi adalah 5 orang, 1 orang merupakan wakil dari Kelola.

Anggota Tim Seleksi Hibah Seni 16

(disusun menurut abjad)

1.Amna S. Kusumo(Kelola, Jakarta)

2.F. Dewi Ria Utari(Tari, Jakarta)

3.Jabatin Bangun(Musik, Jakarta)

4.Malhamang Zamzam(Teater, Jakarta)

5.Rachman Sabur (Teater, Bandung)

Jumlah dan Komposisi Proposal yang Masuk

Pada periode ini keseluruhan proposal yang masuk berjumlah 45 buah proposal, dengan komposisi berdasarkan kategori kegiatan sebagai berikut :

1.Karya Inovatif(26 pelamar)

2.Pentas Keliling (19 pelamar)

Penerima Hibah

Pada periode ini terpilih sebanyak 6 Penerima Hibah (disusun menurut abjad), sebagai berikut :

A.Karya Inovatif

1.Catur Kuncoro, Yogyakarta , Wayang: B.

2.Lungsuran Daur Contemporary Inst., Bandung , Musik: Harmoni Sampah.

3.Maria Tri Sulistyani, Yogyakarta , Teater: Puppet’s Party = Pesta Boneka.

4.Yayasan Gubang Dance & Music Community, Tenggarong, Tari: Reach The Shadow (Menggapai Bayang).

B.Pentas Keliling

1.Eko Supriyanto & Solo Dance Studio, Solo, Tari: Awake, Ning dan El.

2.Sri Purnama Syam, Jambi, Tari: Tari – Tarian dari Jambi.

Informasi:

KELOLA, Yayasan Untuk Seni Budaya
Jl. Cikatomas II no. 33
Jakarta 12180 Indonesia
Tel: +62.21.7399311
Fax: +62.21.7221284
Email:
info@kelola. or.id

http://www.kelola.or. id